Free Tail- Heart 1 Cursors at www.totallyfreecursors.com
♔ Asa D. Nurhida ♔: LAPISAN MESOSFER

Marhaban Ya Ramadhan

Jumat, 22 Juni 2012

LAPISAN MESOSFER

LAPISAN MESOSFER


Mesosfer :
            Kurang lebih 25 mil atau 40km di atas permukaan Bumi terdapat lapisan transisi menuju lapisan mesosfer. Pada lapisan ini, suhu kembali turun ketika ketinggian bertambah, sampai menjadi sekitar − 143oC di dekat bagian atas dari lapisan ini, yaitu kurang lebih 81 km di atas permukaan Bumi. Suhu serendah ini memungkinkan terjadi awan noctilucent, yang terbentuk dari kristal es.
            Mesosfer adalah lapisan udara ketiga dari atmosfer, pada lapisan ini setiap naik 1000 m, suhu udara akan turun 2,50-30C, sehingga suhu pada lapisan atas mencapai -900C.Perubahan suhu udara disini disebabkan karena Mesosfer memiliki kesetimbangan radioaktif yang negatif .Lapisan ini terdapat pada ketinggian 49-85 km di atas permukaan bumi, dan pada ketinggian 80 km terdapat lapisan hangat terdapat lapisan hangat.
            Lapisan ini juga merupakan tempat terbakarnya meteor dari luar angkasamenuju bumi, sehingga lapisan ini merupakan lapisan pelindung bumi terhadap benturan benda atau batuan meteor. Hal itu dikarenakan udara yang terdapat pada lapisan ini akan mengakibatkan pergeseran berlaku dengan objek yang datang dari angkasa dan menghasilkan suhu tinggi     
            Diatas lapisan Mesosfer terdapat lapisan Mesopause yang merupakan lapisan peralihan antara Mesosfer dan Termosfer. Kata Mesosfer itu sendiri berasal dari bahasa Yunani Mesos : Tengah dan Sphaira: Bola. Pada lapisan ini energi Matahari yang diserap hanya sedikit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar